Akhlakul Karimah

akhlak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa yang menimbulkan perbuatan dengan mudah dan tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan [Al-Ghazali]
bila sifat itu memunculkan perbuatan mulia, baik dan terpuji menurut akal dan syariat maka sifat itu disebut akhlak yang baik (akhlakul karimah)

bila sifat itu memunculkan perbuatan-perbuatan buruk menurut akal dan syariat maka disebut akhlak yang buruk. (akhlakul mazmumah)

akhlaqul karimah tidak hanya mengikuti agama/aturan agama, tapi juga mengikuti aturan perundangan dan norma etika yang berlaku dalam masyarakat.

akhlak tidak membenarkan cara-cara mencapai tujuan yang bertentangan dengan syariat, sekalipun dengan maksud untuk mencapai tujuan yang baik.

jujur (shidiq) merupakan salah satu cabang dari iman dan salah satu akhlak utama yang harus dimiliki oleh setiap muslim

seseorang yang berakhlakul karimah pantang berbohong sekalipun terhadap diri sendiri dan tidak pernah menipu apalagi menyesatkan orang lain.

pertanda orang yang munafiq ada tiga: apabila berbicara bohong, apabila berjanji mengingkari janjinya dan apabila dipercaya berbuat khianat (HR Bukhari dan Muslim.)

sesungguhnya seorang hamba yang berakhlak baik akan mencapai derajad dan kedudukan yang tinggi di akhirat, walau ibadahnya sedikit (HR Thabrani)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: