Antara Diam, Kritik dan Kudeta

Sejak kritikan dan ucapan Anda kepada saya sebagai orang yang “merasa menjadi raja”, “sok hebat” dan “yang menghalangi akan disingkirkan”, saya mengambil sikap untuk diam, menepi dan memberi jalan kepada Anda untuk maju.

Sikap tersebut mau tidak mau terpaksa diambil karena saya rasa sudah pantas dilakukan dan juga dengan harapan lain akan membangunkan macan tidur, tapi sepertinya harapan tinggal harapan. Janji diawal tahun “untuk berubah” pun ternyata juga janji tinggal janji.

Semua manager memiliki kekuatan dan kelemahan namun dalam pandangan saya dan referensi dari beberapa tulisan tentang manajerial bahwa beberapa beberapa dari kelemahan Anda terlihat dalam situasi dan kondisi saat ini. Berikut beberapa diantaranya

1. Menurut saya Anda “lemah” terhadap bawahan, jarang/tidak mampu menegur kesalahan-kesalahan anak buah yang tidak menegakkan disiplin. Prinsip “uhkuwah Islamiah” dan “tidak menzalimi orang” mungkin mendasari sikap Anda menghindari konflik, namun menurut hemat saya sikap tersebut tidak tepat.

2. Tidak memberi intruksi atau pedoman yang jelas dan terkadang diambil atas kesimpulkan Anda sendiri yang kadang tidak mewakili ketentuan atau proses yang ada. Sehingga kadang merugikan atau menghambat proses pada unit kerja kita.

3. Jadilah seorang manager yang aktif bukan “invisible man”. Unit kerja selalu menghadapi banyak masalah (misalnya, target, kesulitan proses, masalah jobdesk, dan sebagainya). Manajer adalah orang yang diharapkan dapat menentukan langkah dan tahapan kerja/target serta menemukan pemecahan berbagai masalah sulit dan mengambil keputusan yang akurat. Dan menurut hemat saya Anda tidak dapat melakukannya dengan pola kerja Anda sekarang.

So apakah saya akan tetap seperti ini dan tetap anda cap sebagai usaha “kudeta” ? Kita tunggu saja perubahan yang akan terjadi, dan biarlah waktu yang bicara.

Leave a Reply

