Catatan 2012

Hampir dapat dipastikan (99%) 2012 ini akan diakhiri dengan realisasi yang terengah-engah mengejar target yang lari jauh di depan dengan riang gembira.

Terlepas dari perubahan kebijakan dan prosedur dari manajemen, ada beberapa catatan yang menjadikan 2012 ini bagai neraka teamwork dalam kacamata saya

1. Trust, saya kehilangan kepercayaan terhadap beberapa orang, dan itu dimulai dari kebohongan/kesalahan kecil tapi dilakukan terus menerus. Entah itu disengaja atau tidak. Adalah tidak nyaman Anda bekerja ketika kehilangan kepercayaan kepada orang lain. WARNING: No one likes to be manipulated, so once discovered, your relationship will be a mess

2. Leadership. Ketika masa sulit datang kita butuh seorang leader yang memimpin dan membantu kita keluar dari kesulitan atau minimal menunjukkan arahnya. Sayang sekali saya lupa siapa yang harus menjalankannya.

3. Learning. Sudah lebih dua tahun bersama dan sayang sekali hanya sedikit dari kita yang belajar dari ketentuan/pengalaman yang ada bahkan mengulang kesalahan yang sama berulang kali. Maaf, keledai pun tidak mau jatuh ke lubang yang sama untuk kedua kali, kenapa kita melakukannya ? INGAT : Sesungguhnya Allah menyukai orang yang bekerja dengan ihsan (baik, berkualitas) dan itqon (sempurna, profesional) (HR Baihaqi).

4. Punishment. Dalam Islam pun sebenarnya mengajarkan pemimpin yang Ri’ayah harus menegakkan aturan dalam bekerja. Minimal menurut hemat saya ditunjukan dengan marah bukan basa basi dalam bahasa saja.

5. Support. saya terusik ketika 3 kalimat “merasa jadi raja”, “sok
hebat!!!” dan “siapa yang menghalangi akan Saya singkirkan”, terlebih bila itu kalimat2 itu ditujukan kepada saya. MAAF: Anda harus kehilangan respek/support dari saya dalam teamwork

6. Penghargaan. Ketika sebuah kesuksesan kecil dihargai dengan kata “kebetulan”, saatnya buktikan diri Anda sendiri atau mungkin bagi Anda teamwork punya arti berbeda ?

Bagaimana dengan 2013 ?

Leave a Reply

