Lebih Baik Mempunyai Sikap Daripada Munafik

2 hal yang katanya pantang dibicarakan di dalam dunia kantor yaitu AGAMA dan POLITIK, karena keduanya adalah pilihan dan keyakinan masing-masing individu.

Jadi dalam dunia kantor ada baiknya tidak memandang orang dari AGAMA dan POLITIK nya, karena yang dinilai adalah kinerja, hubungannya dengan kantor dan budaya perusahaan.

Orang kadang terlihat baik dari sikap dan perkataan (dan berAGAMA) tapi mungkin kita tidak tahu bagaimana ybs sebenarnya. Memang tidak ada manusia yang sempurna tapi sifat manusia sebagian besar pastilah keburukannya ditutupi cukup dia saja yang tahu (dan TUHANnya yang tahu bila kita bicara AGAMA).

Namun kadang orang tidak bisa menutup keburukan itu dengan baik, kadang karena dia sendiri yang membukanya lewat ucapan dan tindakan, kadang juga karena ada orang lain yang tahu dan menjadi sumber informasi kepada yang lain. Seperti pepatah/peribahasa “sepandai-pandainya tupai melompat sekali kali jatuh juga” atau “sepintar-pintarnya bangkai ditutupi, baunya tetap tercium juga”

Nah bagaimana hubungan kita dengan orang yang kita kenal baik selama ini tenyata menyimpan “bangkai” ? Dalam hubungan personal saya mengambil sikap untuk menjaga jarak dalam komunikasi personal. Dalam organisasi seharusnya kita bisa mengambil tindakan bila kita mempunyai power/kuasa dan bila tidak cukup mengingatkan ybs dan melaporkan kepada atasan ybs, dengan catatan atasan ybs tidak setali tiga uang tentunya.

Bila semua itu tidak dapat dilakukan, bagaimana harus bersikap? Tidak ikut arus dan tetap konsisten dengan sikap kita, walaupun tentu ada resiko. Bisa saja kita tersisih atau disisihkan, namun menurut saya setidaknya lebih baik mempunyai sikap daripada munafik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: