IV.2. Identifikasi Risiko Pasar

Trading Book adalah seluruh posisi perdagangan bank (proprietary position) pads instrumen keuangan dalam neraca (on balance sheet) dan atau rekening administratif (off balance sheet) Berta transaksi derivatif. Transaksi tersebut dimaksudkan untuk dimiliki dan dijual kembali guns memperoleh keuntungan dalam jangka pendek dari perubahan harga.

 

Posisi Trading Book terjadi antara lain dari kegiatan perantaraan (brokering), pembentukan pasar (market making), atau transaksi lindung nilai (hedging) atas portofolio bank lainnya yang diklasifikasikan sebagai Trading Book.

 

Contoh portofolio Trading Book misalnya bank membeliSurathutang (Bond) dengan tujuan akan dijual kembali dalam jangka pendek, tanpa menunggu Bond tersebut jatuh tempo. Contoh lainnya, bank melakukan transaksi jual dan bell valuta acing, balk yang bersifat simple (plain vanilla) maupun dalam bentuk derivatif.

 

Terhadap Posisi Trading Account perlu dilakukan proses penentuan harga pasar atau marked to market setiap hari. Dengan proses tersebut, maka akan terdapat laba atau rugi yang selanjutnya dibukukan langsung pads posisi rugi laba bank. Bagi bank yang memiliki portfolio Trading Account dalam jumlah besar, maka laporan laba/rugi bank akan berfluktuasi sebagai akibat proses marked to market tersebut.

 

Portfolio trading account, pads umumnya merupakan portfolio unit bisnis Treasuri, sebagai unit operasional atau front office. Sementara, metode perhitungan nilai pasar (marked to market) ditentukan oleh unit manajemen risiko yang independent (middle office). Sementara itu, pelaksanaan perhitungan marked to market harian dilakukan oleh bagian administrasi atau back office. Pembagian fungsi ini dilakukan untuk menghindarkan adanya benturan kepentingan oleh pihak front office.

 

Perlakuan akuntansi atas laba atau rugi yang timbul dari posisi trading book dibukukan pads Laba/Rugi tahun berjalan.

 

IV.2.1.2. Banking Book

Banking Book adalah posisi atau portofolio bank yang tidak termasuk kategori Trading Book, misalnya posisi kredit dan posisi dana pihak ketiga.

 

 

IV.2.2. Cakupan Portofollo

 

Posisi yang diperhitungkan dalam pengukuran risiko pasar mencakup portofolio dalam kategori sebagai berikut :

  • Untuk instrumen yang terekspos suku bunga, perhitungan risiko pasar hanya mencakup portofolio Trading Book.
  • Untuk instrumen yang terekspos nilai tukar, perhitungan risiko pasar mencakup portofolio Trading Book clan Banking Book.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: